Monday, October 1, 2018

Pengertian dan tujuan ICAO (International Civil Aviation Organization)

Yang di maksud ICAO adalah International Civil Aviation Organization yang di sebut juga organisasi penerbangan sipil internasional. ICAO didirikan pada tanggal 4 April 1947, sebagian kelanjutan dari konferensi penerbangan sipil internasional yang diadakan di Chicago dari tanggal 1 november 1944 sampai dengan 7 desember 1944.

ICAO (International Civil Aviation Organization) adalah sebuah perusahaan penerbangan sipil internasional yang beranggotakan pemerintah suatu Negara yang menjadi PBB yang didirikan sejak tahun 1974. ICAO mengeluarkan peraturan-peraturan operasional penerbangan yang berlaku secara Internasional yang digunakannya ialah annex. Terdapat 18 annex yang berlaku didalamnya. Sifat organisasi ICAO adalah non politis-teknis operasional penerbangan. Kode dari ICAO untuk penerbangan ialah 4 kode.

Keanggotaan ICAO terbuka bagi Negara-negara yang berdaulat . Tujuan serta sasaran yang hendak dicapai oleh ICAO dalam pasal 44 dari konfensi Chicago adalah sebagai berikut :
menjamin pertumbuhan yang teratur dan aman bagi penerbangan sipil internasional diseluruh dunia.
Mencegah pemborosan ekonomis yang disebabkan oleh persaingan yang tidak sehat .
Mencegah adanya diskriminasi diantara Negara-negara anggota.
Mendorong agar perekayasaan pembuatan pesawat terbang serta pengoperasiannya dimaksudkan untuk tujuan damai.
Mendorong dibangunya fasilitas bantuan navigasi udara secara internasional bagi keselematan penerbangan
Mendorong pembangunan dan pengembangan jalur-jalur penerbangan, bandara, dan fasilitas nya navigasi udara bagi penggunaan penerbangan sipil internasional .
Secara umum mendorong pembangunan dan pengembangan semua aspek dari penerbangan sipil internasional .
Pekerjaan yang dilakukan ICAO lebih menjurus pada aspek-aspek teknis ( dan hokum) penerbangan sipil . sementara itu IATA lebih mendominasi bidang ekonominya.

IATA (International Air Transport Association) adalah sebuah perusahaan penerbangan swasta yang berjadwal dan memiliki sifat organisasinya ialah komersial, yang didirikan sejak tahun 1945 (pada masa Indonesia merdeka). Anggota dari IATA adalah perusahaan penerbangan dari Negara-negara ICAO. IATA menggunakan peraturannya yaitu menggunakan resolusi. Kode dari IATA untuk penerbangan adalah 3 kode.

Pengertian Arti IATA (International Air Transport Association)

                                      iata

International Air Transport Association (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional; disingkat IATA) adalah sebuah organisasi perdagangan internasional yang terdiri dari maskapai-maskapai penerbangan. IATA bermarkas di Montreal, Kanada. Maskapai-maskapai penerbangan anggotanya diberikan kelonggaran khusus sehingga dapat mengkonsultasikan harga antara sesama anggota melalui organisasi ini. IATA juga bertugas menjalankan peraturan dalam pengiriman barang-barang berbahaya dan menerbitkan panduan Peraturan Barang-barang Berbahaya IATA (IATA Dangerous Goods Regulations).

Didirikan pada April 1945 di Havana, Kuba, IATA adalah penerus Asosiasi Lalu Lintas Udara Internasional (International Air Traffic Association) yang didirikan di Den Haag pada tahun 1919, tahun saat penerbangan berjadwal internasional yang pertama di dunia dilaksanakan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu maskapai-maskapai penerbangan untuk bersaing secara sah dan mencapai keseragaman dalam penetapan harga.

Saat didirikan, IATA beranggotakan 57 anggota dari 31 negara, sebagian besar di Eropa dan Amerika Utara. IATA kini mempunyai lebih dari 270 anggota dari lebih dari 140 negara di dunia.

Kode bandar udara IATA
Kode bandar udara IATA (nama resmi: IATA location identifier) adalah kode yang terdiri dari tiga huruf yang digunakan untuk menandai bandar-bandar udara di seluruh dunia. Kode-kode ini disusun dan diatur oleh IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional) dan diterbitkan tiga kali dalam setahun dalam Direktori Pengkodean Maskapai Penerbangan IATA.

Tidak semua dari kode-kode bandar udara (bandara) IATA ini masing-masing digunakan hanya untuk satu bandar udara. 323 dari 17.576 kode yang dapat diperolehi digunakan oleh lebih dari satu bandara. Salah satu contoh penggunaan kode ini adalah pada label-label bagasi yang ditempelkan saat check-in.


Terimakasih semoga bermanfaat.


Sunday, September 30, 2018

Jenis-Jenis Kargo

i. General Cargo
Terdiri dari barang-barang biasa sehingga tidak perlu penanganan secara khusus, namun tetap harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam hal pengepakan supaya isinya dapat ditampung dalam cargo space.

ii. Special Cargo
Terdiri dari barang-barang yang memerlukan penanganan secara khusus. Barang-barang yang termasuk yang termasuk dalam kategori ini adalah AVI, DG, HUM, PER, PES, PEM, HEA, dan lain-lain.
1. Explosive Material (kode REC) adalah barang yang mudah meledak karena mengandung zat-zat kimia yang mudah meledak. Contoh : Petasan, Amunisi, dan lain-lain.
2. Flammable Goods (kode RFG = Gas, RFS = Padat, RFL = Cair) adalah barang-barang yang mudah terbakar baik dalam bentuk gas, padat, dan cair. Contoh : Oxygent
3. Non Flammable Compressed Gas (kode RNG). Contoh : Film.
4. Corrosive Material (kode RCM) adalah barang-barang yang dapat menimbulkan karat. Contoh : Air Raksa, Zat Asam.
5. Irritan Material adalah barang atau bahan perangsang atau dapat merangsang benda-benda lainnya. Contoh : Alkohol, Spritus, Gas, dan lain-lain
6. Magnetized Material (kode MAG) adalah barang-barang yang mengandung unsur magnetik. Contoh : Kompas, Loudspeaker, dan lain-lain.
7. Oxidizing Material adalah barang-barang yang mudah terbakar bila beraksi dengan oksigen. Contoh : Zat Pemutih, Nitrat Peroksida, dan lain-lain.
8. Fragile Goods (kode FRG) adalah barang-barang yang mudah pecah. Contoh : Piring, Gelas, barang yang terbuat dari porselen, dan lain-lain.
9. Poisonous Subtances (kode RPS) adalah barang-barang yang berupa racun dan pengangkutannya harus memiliki izin dari yang berwenang. Contoh : Cianida, Arsenik, dan lain-lain.
10. Radio Active Materials adalah barang-barang yang mengandung radio aktif.
11. Valuable Goods (kode VAL) adalah barang-barang yang berharga dan mengandung unsru kimia didalamnya. Contoh : Emas, Berlian, Perak, dan lain-lain.
12. Wet Fraight adalah barang-barang yang berbentuk cairan atau barang padat yang bercampur dengan cairan sehingga pemuatannya harus menggunakan kontainer. Contoh : Daging Segar, Udang Basah, Makanan, Telur, dan lain-lain.
13. Perishable Goods (kode PER) adalah barang-barang yang diduga akan hancur atau busuk selama perjalanan atau selama pengiriman sehingga membutuhkan bahan pengawet. Contoh : buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman, dan lain-lain.
14. Dangerous When wet adalah barang-barang yang mudah meledak apabila dalam keadaaan basah atau lembab. Contoh : Karbit.
15. Live Animal (kode AVI) adalah berupa hewan, tumbuhan, dan mahluk hidup lainnya yang diangkut.
16. Human Remains (kode HUM) adalah berupa jenazah manusia baik dalam bentuk utuh,sudah dikremasi/abu, dibalsem/tidak dibalsem.


Terimakasih semoga bermanfaat

Saturday, September 29, 2018

Ini Dia Perbedaan Pesawat Baling-Baling dengan Pesawat Jet

Kalian sadar gak sih , kalo kita naik pesawat tuh kita ngeliat jenis pesawat yang beda-beda? Ada pesawat yang punya tabung di sayapnya, tapi ada juga pesawat yang punya baling-baling! Nah apa bedanya sih?
Sebelum kita cek perbedaannya, kita wajib tahu dulu pengertian dari kedua pesawat tersebut.


                     Hasil gambar untuk pesawat terbang


Pesawat yang agan sista jumpai di bandara yang memiliki benda seperti tabung di sayapnya itu namanya pesawat bermesin jet gan. Mesin jet adalah sebuah jenis mesin pembakaran dalam menghirup udara yang sering digunakan dalam pesawat. Prinsip seluruh mesin jet pada dasarnya sama; mereka mempercepat massa (udara dan hasil pembakaran) ke satu arah dan dari hukum gerak Newton ketiga mesin akan mengalami dorongan ke arah yang berlawanan. Yang termasuk mesin jet antara lain turbojet, turbofan, rocket, ramjet, dan pump-jet. Contoh maskapai berjenis ini adalah Boeing 737-900ER.

                             Gambar terkait

Beda lagi nih dengan pesawat yang punya baling-baling di sayapnya. Pesawat ini dinamakan pesawat baling-baling atau turboprop. Mesin turboprop adalah jenis pesawat pembangkit yang menggunakan turbin gas untuk menggerakkan baling-baling. Turbin gas yang dirancang khusus untuk aplikasi ini, dengan hampir semua output yang digunakan untuk menggerakkan baling-baling. Mesin gas buang mengandung energi sedikit dibandingkan dengan mesin jet dan memainkan peran kecil dalam penggerak pesawat. Contoh maskapai berjenis ini adalah Wings Air berjenis ATR 72-500.

Lalu apa perbedaan mendasarnya sih ?


1. Ukuran  Ini Dia Perbedaan Pesawat Baling-Baling dengan Pesawat Jet
                                         Hasil gambar untuk ukuran pesawat

Meski sekarang ada juga pesawat baling-baling yang berukuran besar, tapi pesawat ini pada umumnya cenderung berukuran lebih pendek gan. Beda banget sama pesawat berjenis mesin jet. Ukurannya mayan panjang nih. Contohnya aja pesawat berjenis Boeing.

2. Jarak  Ini Dia Perbedaan Pesawat Baling-Baling dengan Pesawat Jet

                                      Hasil gambar untuk pesawat atr
Umumnya, pesawat bermesin turboprop, biasanya gak bisa jauh-jauh jalannya nih gan. Yap, meski terbilang irit karena Low Fuel Consumption, pesawat bermesin ini gak bisa menempuh perjalanan hingga berjam-jam kayak pesawat bermesin jet yang bisa ke luar negeri dan menempuh waktu berjam-jam gan sis! Jadi, pesawat ini cocok untuk penerbangan berjarak dekat.

3. Runway untuk Landing Ini Dia Perbedaan Pesawat Baling-Baling dengan Pesawat Jet

                                      Hasil gambar untuk runway

Salah satu kelebihan pesawat berjenis baling-baling ini adalah gak perlu Runway yang panjang buat landing atau mendarat gan. Makanya pesawat berjenis cocok banget ke daerah-daerah yang bandaranya masih kecil gan sis. Jadi, gampang banget menjangkaunya, dibanding dengan pesawat berjenis mesin jet.

4. Saat terbang Ini Dia Perbedaan Pesawat Baling-Baling dengan Pesawat Jet
 
                             Hasil gambar untuk pesawat terbang

Pesawat berjenis baling-baling, umumnya hanya bisa berada di ketinggian di bawah 15.000 kaki dari permukaan laut. Beda banget sama pesawat berjenis jet yang bisa menempuh ketinggian hingga 30.000 kaki gan sis. Pada ketinggian ini, pesawat jet dapat mencapai efisiensi maksimum.

5. Daya Angkut Ini Dia Perbedaan Pesawat Baling-Baling dengan Pesawat Jet

                               Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Pesawat Baling-Baling dengan Pesawat Jet

Mungkin inilah rahasia pesawat baling-baling yang gak banyak orang tahu. Faktanya, pesawat turboprop memiliki daya angkut yang lebih besar loh gan sis! Mau bukti? Liat aja pesawat kargo, rata-rata menggunakan pesawat bermesin ini.
Tapi emang tergantung dengan tipe masing-masing maskapai sih gan. Misalnya aja nih, pesawat jet 737-900ER, bisa menampung 215 penumpang termasuk kru kabin pesawat. Beda halnya dengan ATR 72-500 yang hanya bisa membawa 72 penumpang.



Terimakasih semoga bermanfaat.

Fakta-Fakta Unik Di Dalam Dunia Penerbangan


1. Pesawat unik ini biasa digunakan untuk mengangkut pesawat ataupun bagian pesawat lainnya yang belum dirakit. Beberapa namanya yang terkenal adalah Airbus Beluga dan Transporter.


                                          Hasil gambar untuk airbus beluga




2. Pesawat ini memiliki kecepatan secepat kecepatan suara dan dapat menempuh jarak 1 km hanya dalam 3 kali kedipan mata, sehingga dapat menimbulkan suara dentuman seperti suara petir.


                            Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan sonic boom


3. Pesawat ini hanya diperuntukan untuk 12 penumpang. Kecepatannya melebihi pesawat penumpang bermesin jet lainnya. Pesawat ini dapat terbang dari Paris ke New York hanya dalam 4 jam 14 menit, yang artinya lebih cepat 3 jam dari pesawat penumpang bermesin jet lainnya.

                           Gambar terkait


4. Sudah berbagai cara dilakukan untuk mengusir kawanan burung-burung ini dari daerah sekitar bandara. Mulai dari memasang pita khusus untuk mempersulit kawanan burung ini terbang lalu lalang hingga alat khusus yang dapat mengirimkan gelombang suara yang dapat menakutinya, namun mereka tetap senang bermain di bandara ini.

                             
                         Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan article 0 19A661DC00000578 146 964x636

5. Dalam kecepatan sangat tinggi, tabrakan pesawat dengan benda sekecil apapun di udara, pasti dapat membahayakan keselamatan pesawat dan penumpangnya. Contohnya seperti gambar diatas, yaitu bagaimana seekor burung yang tertabrak pesawat, dapat membuat sayap pesawat menjadi sobek, retak, bahkan bisa hancur.


                                    Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan bird vs plane

6. Mungkin pemandang pesawat terbang rendah, telah menjadi atraksi menarik bagi turisturis di sekitar bandara. Namun tanpa mereka sadari, sebenarnya hal itu dapat memahayakan diri mereka apabila terkena semburan panas jet dari pesawat.
Bandara unik yang terletak di dekat pantai ini bernama ‘Princess Juliana International Airport’. Pada akhirnya bandara ini resmi ditutup karena landasannya yang sangat pendek sehingga menyulitkan bagi pesawat besar untuk tinggal landas.


                            Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan Fakta-Fakta Unik dalam Dunia Penerbangan dd


7. Kejadian ini berlangsung di Chennai Airport. Saat itu sedang tejadi banjir besar disana, sehingga menjadi pemandang unik, seakan pesawat-pesawat disana bisa berjalan di atas air.


                      Gambar terkait

8. Bandara ini sangat unik, karena landasannya memotong jalur kendaraan umum lainnya. Seperti yang dapat kita lihat pada gambar, kendaraan yang akan lewat harus berhenti dahulu apabila ada pesawat yang mau melintas di landasan tersebut.
Seperti kita antri saat kereta api mau lewat, tetap juga ada kendaraan yang nekat menerobos palang pintu penjagaan

                                            Gambar terkait


Terimakasih semoga bermanfaat.


5 Fakta Yang Bisa Mengurangi Ketakutan Anda Pada Saat Naik Pesawat

Gambar terkait


Jika ditelusuri, sesungguhnya rasa takut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan hanya ada dalam pikiran. Jika pikiran terbang dengan pesawat membuat Anda berkeringat dingin dan ketakutan, fakta-fakta berikut adalah obat yang bisa Anda ambil sebelum, saat, dan setelah penerbangan.

1. Perjalanan melalui udara merupakan mode transportasi umum yang paling aman
Menurut David Ropeik, risk communication instructor dari Harvard University, kemungkinan Anda meninggal dalam kecelakaan mobil adalah 1:5.000. Sedangkan kemungkinan Anda meninggal dalam kecelakaan pesawat adalah 1:11.000.000. Kecelakaan fatal tentunya memang pernah terjadi, tapi media memberikannya banyak perhatian sehingga Anda berpikir bahwa kecelakaan pesawat selalu terjadi.

                           Gambar terkait


2. Masker oksigen berfungsi walaupun tampaknya tidak demikian
Terdapat mitos yang mengatakan bahwa masker oksigen darurat pada pesawat sesungguhnya tidak berfungsi sama sekali karena mereka tidak tersambung dengan tabung oksigen, tapi itu tidak benar. Masker oksigen keluar saat hilangnya tekanan dalam kabin. Jika Anda tidak memakai masker, Anda dapat kehilangan kesadaran karena kekurangan oksigen. Masker oksigen memang tidak menyediakan oksigen secara langsung, yang sesungguhnya terjadi adalah kimia sederhana. Mekanisme yang ada di dalam masker menciptakan oksigen saat Anda menariknya ke arah wajah. Karena itulah pada demonstrasi penggunaan masker oksigen, pramugari menunjukkannya dengan sebuah tarikan.

                           Hasil gambar untuk gambar masker oksigen atau oxygen mask pesawat


3. Pesawat komersial melalui uji coba yang ektensif sebelum dijual ke penerbangan
Perusahaan mobil membuat produk mereka tampak aman dengan menunjukkan crash test pada iklan mereka, tetapi Anda tidak akan melihat tes panjang yang dilakukan oleh pesawat jika Anda tidak mencarinya. Produsen tentu ingin pesawat mereka terbang dengan baik dan aman, karena jika tidak, tidak akan ada yang membelinya.

                          Hasil gambar untuk gambar uji coba pesawat


4. Pesawat komersial dapat terbang dengan aman hanya dengan satu mesin, bahkan bisa mendarat tanpa satu mesin pun.
Mesin pesawat menyediakan dorongan, mereka bukanlah satu-satunya hal yang menerbangkan pesawat. Mereka adalah satu komponen dari sebuah kesatuan. Pesawat komersial dirancang untuk tetap bisa dioperasikan dengan sempurna meskipun hanya dengan satu mesin. Lalu bagaimana jika semua mesin tidak berfungsi? Satu kata: melayang.

                          Gambar terkait

5. Turbulensi tidaklah berbahaya
Alasan utama para pilot menghindari turbulensi adalah karena turbulensi mengganggu, bukan karena berbahaya. Bayangkan turbulensi seperti gundukan di jalanan saat Anda berkendara. Jika Anda ingin memperkecil kemungkinan mengalami turbulensi saat penerbangan, National Weather Service menyarankan Anda untuk memesan penerbangan pada pagi hari atau saat menjelang sore ketika matahari tidak memanaskan permukaan bumi dan menciptakan atmosfer yang kurang stabil. Juga, jika Anda bisa memilih tempat duduk, pilihlah kursi persis di samping sayap. Kursi dekat hidung dan ekor pesawat merasakan pergerakan paling banyak.
                           Hasil gambar untuk gambar Turbulensi pesawat


Terimakasih semoga bermanfaat.

Hal Yang Dilarang Di Dalam Pesawat Beserta Alasannya

Inilah Alasan Mengapa Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat | omkepo.com – Pernah ga terlintas di benak sobat mengapa ada larangan-larangan sebelum naik pesawat dan waktu lagi di pesawat?

Yuk langsung aja cari tau alasannya..

Mengapa Tidak Diperbolehkan Membawa Cairan Lebih dari 100 ml?
                       Hasil gambar untuk gambar tumpukan aqua botol

Aturan ini dibentuk setelah terbongkarnya rencana teroris di bandara Inggris Agustus 2006. Sekelompok teroris ini berencana meledakkan pesawat menggunakan bom cair. Maka dari itu International Civil Aviation Organization merekomendasikan peraturan mengenai cairan-carian ke seluruh staf penerbangan.

Kalau temen temen sekalian mau bawa perfume, susu dan lain-lain yang kira-kira dibutuhkan di tempat tujuan, bisa dilaporkan dulu ke pihak yg berwajib atau bisa dimasukin ke dalam bagasi pesawat saja.


Mengapa Harus Melipat Meja Makan dan Menegakkan Kursi Saat Take Off dan Landing?

                        Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Take off dan Landing adalah dua fase yang benar-benar kritis. Kalau gagal dalam 2 fase ini maka seluruh penumpang harus segera dievakuasi keluar agar selamat.

Bayangin aja kalau meja makan masih terbuka, sandaran kursi masih dibuat rileks ke belakang. Proses evakuasi pastinya jadi ribet karena space yang dibutuhkan sempit banget. Juga akan menjadi senjata telak yang akan menghantam badan penumpang.

Mengapa Harus Membuka Jendela Saat Take Off dan Landing?

                            Hasil gambar untuk gambar jendela pesawat

Alasannya cukup mengejutkan. Tenyata jendela ga boleh ditutup biar penumpang dapat yakin di sisi mana mereka harus keluar waktu kondisi evakuasi.

Hal ini juga dibutuhkan buat pramugari untuk melihat kondisi sekitar pesawat.

Mengapa Seatbelt Harus Dikencangkan?

                           Hasil gambar untuk gambar sabuk pengaman pesawat

Pastikan Anda telah mengencangkan seat bealt saat take off dan landing karena bisa saja terjadi rem mendadak dari pilot yang bisa membuat penumpang terbentur ke kursi di depannya dengan sangat keras.

Begitu juga saat berada di udara, turbulence dan kerusakaan mesin sehingga pesawat jatuh bisa bikin kita cium langit-langit pesawat.

Posisi seat bealt  juga harus tepat. Jangan di daerah perut, karena kalau ada impact besar bisa membuat perut tertekan kuat dan membahayakan diri sendiri.

Mengapa Semua Alat Komunikasi Harus Dimatikan?

                           Hasil gambar untuk gambar saat orang lagi menelepon

Kelihatannya semua orang tau akan alasan dari pertanyaan ini. Semua alat komunikasi harus dimatikan agar sinyal yg terpancar dr smartphone, ipad, dll tidak mengganggu sinyal tower ke pesawat.

Namun kabarnya, di beberapa penerbangan luar negri sudah diperbolehkan menggunakan alat komunikasi. Pesawatnya sendiri telah menyediakan wi-fi untuk penumpang.

Mengapa Tidak Boleh Menaruh Minuman di Dalam Bagasi kabin?

                             Hasil gambar untuk gambar bagasi kabin

Di saat pesawat terbang dan semakin tinggi, tekanan udara semakin besar. Hal ini tidak hanya terjadi di luar pesawat tapi juga di dalam pesawat. Ini terbukti dari telinga kita yang kadang merasa berdenging atau tuli.

Pesawat mempunyai alat yang mengatur tekanan udara agar tubuh manusia mampu beradaptasi seolah-olah di darat. Namun, terkadang efeknya masih berasa dan berefek juga dengan cairan yang kita bawa.

Secara tidak kasat mata, permukaan air akan mengalami tekanan dan berusaha mencari jalan keluar. Inilah yang membuat bahaya jika cairan atau minuman disimpan di bagasi.

Sebenarnya dengan tutup yang kuat, tekanan itu tidak akan membuat wadahnya “meledak”. Namun mencegah lebih baik dari pada seluruh bagasi dan penumpang di bawahnya basah kuyup.

Kenapa Kita Harus Melihat Demo Keselamatan?

                             Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Perlu diingat neh.. Jangan menganggap pramugari yang sedang demo keselamatan adalah seorang artis cantik semata.

Di saat kejadian sebenarnya, pastilah kepanikan terjadi. Hanya penumpang yang memahami prosedur keselamatan dan tingkat bertahan hidupnya tinggi.

Kenapa saat terbang di malam hari, saat take off atau landing, lampu kabin harus dipadamkan?

                             Gambar terkait

Hal ini bertujuan agar membiasakan mata para penumpang dengan kegelapan, sehingga jika terjadi hal-hal yg tidak diinginkan (misalnya kecelakaan), maka para penumpang bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar.

Coba bayangkan kalau kecelakaan pas malam hari, kondisi pasti gelap semua kan, kalau mata masih terbiasa dengan terang, bisa2 jadi buta sementara dan butuh waktu buat mata untuk adaptasi dengan kegelapan.

Hal ini dapat memperlambat proses evakuasi.

Kenapa emergency exit door penumpang kebanyakan diisi oleh orang yang muda dan mampu?

                              Gambar terkait

Karena penumpang yang posisinya di emergency exit door wajib membantu pramugari/pramugara apabila terjadi emergency procedure. Penumpang yang duduk biasanya yang fisiknya kuat.

Oleh karena itu apabila ada orang tua yang berumur/orang yang tidak menyanggupinya dituker tempat duduknya.

Kebayangkan kalo lagi situasi emergency dengan waktu yang singkat dan harus ngeluarin sebanyak mungkin penumpang situasinya gimana.


Kenapa ada larangan tidak boleh ke toilet disaat pesawat sedang posisi climbing dan descend (naik dan turun)?

                     Inilah Alasan Mengapa Hal-Hal Ini Dilarang Di Dalam Pesawat

Karena di toilet pesawat tidak ada masker oksigen. Pada saat pesawat melakukan climbing dan descend terjadi perubahan tekanan udara yang mendadak. Jika saat itu terjadi kerusakan sistem tekanan udara di kabin maka penumpang yang di toilet bisa pingsan dan meninggal.

Kalo lagi cruise tiba-tiba nyala bisa jadi captainnya ke toilet atau ada cuaca buruk yang menyebabkan turbulence.

Info Tambahan :
Larangan penggunaan handphone di dalam pesawat  sebenarnya berasal dari kebijakan perusahaan penerbangan / maskapai.

FAA tidak melarang karena blm ada kejadian yg membahayakan sistem pesawat. Pada jaman dahulu saat pesawat masih pake jarum (seperti speedo meter) memang rawan terkena elektromagnet.

Tapi jaman skrg pesawat sudah menggunakan komputer semua, dan kabel-kabel di pesawat sudah di kasih anti-elektromagnet, sehingga tidak akan terganggu oleh sinyal handphone.

Nah sebenarnya untuk  larangan itu dikeluarkan oleh Federasi Komunikasi USA, dikarenakan interfensi dari handphone yang mencari signal di dalam pesawat.

Pancaran sinyal tersebut sangat besar sampai bisa merusak komponen pemancar komunikasi di darat, seperti BTS gitu. Jadi efeknya lebih ke alat komunikasi di darat, tidak ada efek samping di pesawat.

Mungkin penerbang akan terganggu dengan suara noise dari radio saat ada yang menggunakan telepon atau SMS, tapi tidak lebih dr itu.


Terimakasih semoga bermanfaat.

Ketentuan Bagasi Pesawat dari Berbagai Maskapai Penerbangan

                      Terhitung Selasa 8-JAN-2019, maskapai  Lion Air  dan Wings Air resmi cabut pemberlakuan bagasi gratis kapasitas...